Posted by: djarotpurbadi | February 10, 2009

Wapres Doakan Umat Hindu Sehat dan Selamat

Kompas.com: Kamis, 6 Maret 2008 | 15:40 WIB

JAKARTA, KAMIS-Sehari sebelum perayaan Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1930, yang jatuh pada hari Jumat (7/3) besok, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Kamis (6/3), memberikan ucapan selamat dan berdoa agar pada saat perayaan Hari Nyepi itu umat Hindu sehat dan selamat.

“Kami ucapkan selamat merayakan Hari Nyepi dan doa, karena Hari Raya Nyepi adalah hari umat Hindu untuk melakukan intropeksi dan melakukan doa bersama di Pura. Besok, saya harapkan semuanya sehat dan semuanya selamat,” ujar Wapres Kalla, saat ditanya pers, seusai menerima kunjungan Pangeran Andrew di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (6/3) siang tadi.

Pada setiap perayaan Hari Raya Nyepi di Bali, besok, Bali selalu bebas dari segala aktivitas selama 24 jam, termasuk di bandar udara dan pelabuhan. Biasanya, aktivitas hanya dilakukan secara terbatas di perhotelan, rumah sakit, dan kantor polisi.

Nyepi merupakan salah satu bagian dari upaya menyadarkan umat agar berpuasa bekerja (amati karya), tidak menyalakan api atau listrik (amati geni), tidak mencari hiburan (amati lelanguan), dan berpuasa bepergian (amati lelungan). (HAR)


Leave a comment

Categories