Posted by: djarotpurbadi | February 10, 2009

Sura dan Libur Akhir Tahun Dorong Kunjungan Wisatawan

Kompas.com: Selasa, 30 Desember 2008 | 13:27 WIB

Ritual menyambut Sura yang rutin dijalankan ribuan warga DI Yogyakarta setiap tahun, telah menjadi salah satu bagian dari total 181 potensi kegiatan wisata yang ada di provinsi ini. Pada malam satu Sura, masyarakat banyak berkunjung ke sejumlah tempat yang dianggap memiliki nilai sakral, termasuk beberapa kawasan pantai dan gunung yang juga dikenal sebagai obyek wisata di DIY.

Sebagai gambaran, pada satu Sura 2007 yang jatuh di bulan Januari, kawasan pegunungan Puncak Suroloyo, Kulon Progo, dikunjungi lebih dari 2.800 orang. Padahal, biasanya jumlah pengunjung ke obyek wisata tersebut rata-rata tak lebih dari 500 orang dalam sebulan.

Fenomena serupa terjadi di Kaliurang, yang dikunjungi lebih dari 63.000 orang selama Januari 2007. Pantai Parangkusumo yang termasuk dalam kawasan Pantai Parangtritis juga mencatat jumlah pengunjung hingga 79.600 orang. Selain pengaruh kegiatan ritual saat Sura, kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata pantai dan gunung itu juga terjadi tak lepas dari pengaruh masa liburan, seperti liburan akhir tahun.

Kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata-termasuk ke Kaliurang dan Parangtritis-baik sepanjang Januari maupun Desember, terhitung besar jumlahnya jika dibandingkan dengan kondisi kunjungan di kedua obyek wisata tersebut di saat bulan-bulan biasa (lihat Grafis).

Pada masa libur di akhir tahun ini, kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata pantai dan pegunungan di DIY dipastikan jauh lebih banyak karena awal Sura tahun ini juga berlangsung di pengujung 2008. Tak bisa dimungkiri, kegiatan budaya seperti Sura berpengaruh pada tingkat kunjungan masyarakat ke obyek-obyek wisata di DIY. (BIMA BASKARA/LITBANG KOMPAS)


Leave a comment

Categories